HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ALAT UKUR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALAT UKUR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERRI 2 PANGKEP

Abidin, Saenal (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ALAT UKUR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALAT UKUR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERRI 2 PANGKEP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL..pdf

Download (370kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tentang pengetahuan alat ukur, (2) gambaran tentang kemampuan membaca alat ukur, (3) hubungan pengetahuan alat ukur dengan kemampuan membaca alat ukur siswa jurusan teknik otomotif SMK Negeri 2 Bungoro. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi sebanyak 139 siswa kemudian ditarik sampel sebanyak 71 siswa dengan teknik pengumpulan data sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, dimana pengambilan data untuk aspek pengetahuan alat ukur menggunakan tes dengan siswa sebagai responden dan untuk kemampuan membaca alat ukur menggunakan lembar observasi dengan siswa sebagai responden. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pengetahuan alat ukur pada kategori sangat tinggi dengan persentase 66,20%. (2) kemampuan membaca alat ukur berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 70%. (3) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan alat ukur dengan kemampuan membaca alat ukur ( siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Bungoro) pada tingkat korelasi yaitu rhitung>rtabel ( 0,683 > 0,235 ). Kata Kunci : Pengetahuan, Kemampuan Membaca Alat Ukur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:03
Last Modified: 16 Jun 2021 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item