PENGARUH PRESTASI BELAJAR PROFESI KEGURUAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Dasima, Chrismono (2021) PENGARUH PRESTASI BELAJAR PROFESI KEGURUAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL CHRISMONO DASIMA.pdf

Download (720kB)

Abstract

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestai belajar mata kuliah profesi keguruan mahasiswa Jurusan PTSP FT UNM, bagaimana minat mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar untuk menjadi seorang guru dan bagaimana pengaruh prestasi belajar mata kuliah profesi keguruan terhadap minat menjadi guru mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar yang telah memprogram mata kuliah profesi keguruan, khususnya angkatan 2013 – 2016. Jumlah sampel terdiri dari 46 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mata kuliah profesi keguruan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Angkatan 2013-2016 dikategorikan tinggi (dimana dari 46 mahasiswa terdapat 23 mahasiswa (50,00%) mendapat nilai A, 5 mahasiswa (10,87%) mendapat nilai A-, 6 mahasiswa (13,04%) mendapat nilai B+, 11 mahasiswa (23,91%) mendapat nilai B, dan 1 mahasiswa (2,17%) mendapat nilai C), minat mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar untuk menjadi guru dikategorikan tinggi (dimana dari 46 mahasiswa terdapat 9 mahasiswa (19,57%) mempunyai kecenderungan sangat tinggi, 21 mahasiswa (45,65%) mempunyai kecenderungan tinggi, 14 mahasiswa (30,43%) mempunyai kecenderungan rendah) dan 2 mahasiswa (4,35) mempunyai kecenderungan sangat rendahdan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar profesi keguruan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri makassar angkatan 2013-2016. Hal ini dapat dilihat dari table Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,888>0,05 dan nilai t hitung sebesar -0,141<t table sebesar 2,015. Kata kunci: Prestasi Belajaar Profesi Keguruan dan Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:50
Last Modified: 16 Jun 2021 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20378

Actions (login required)

View Item View Item