PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH SISTEM TELEKOMUNIKASI BERGERAK PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM

Rezky, Andi Ahmad (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH SISTEM TELEKOMUNIKASI BERGERAK PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel 1.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Sistem Telekomunikasi Bergerak di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata kuliah Sistem Telekomunikasi Bergerak di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Penelitian ini menggunakan model R&D (Research and Development) dengan tujuan menghasilkan dan mengembangkan sebuah produk yang mengacu pada Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang terdiri beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian dari pakar atau ahli materi, ahli desain dan angket atau lembar respon mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran mata kuliah Sistem Telekomunikasi Bergerak. Sesuai dengan hasil penelitian angket ahli materi memperoleh rerata 85,66% dan ahli desain 84,37% berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji angket atau lembar respon mahasiswa didapatkan rerata nilai sebesar 83,52%. Berdasarkan hasil ujicoba terhadap mahasiswa berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi, diketahui bahwa modul pembelajaran mata kuliah sistem telekomunikasi bergerak yang dihasilkan dinyatakan “sangat layak” diterapkan dalam proses belajar mengajar pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM berdasarkan hasil validasi modul pembelajaran yang telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain dengan mencakup beberapa bagian. Kata Kunci: R&D, Modul Pembelajaran, Sistem Telekomunikasi Bergerak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:33
Last Modified: 16 Jun 2021 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20370

Actions (login required)

View Item View Item