PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TAMBOUR BEADING PADA MATA KULIAH TEKNIK MENGHIAS KAIN JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNM

Munawwarah, Al (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TAMBOUR BEADING PADA MATA KULIAH TEKNIK MENGHIAS KAIN JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Al Munawwarah - 1528041004.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Al Munawwarah, 1528041004. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Tambour Beading Pada Mata Kuliah Teknik Menghias Kain Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT UNM. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2020, Pembimbing I oleh Kurniat dan Pembimbing II oleh Srikandi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) proses pembuatan media pembelajaran tambour beading berbasis video tutorial. 2) kelayakan media pembelajaran tambour beading berbasis video tutrorial. Penelitian ini melalui 3 tahap dalam pembuatan video yaitu: 1) tahap pra-produksi (persiapan), 2) tahap produksi (proses perekaman video), 3) tahap pasca produksi (editing video). Video tutorial divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media dan uji coba kelayakan dilakukan di jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar oleh 15 mahasiswa yang telah melulusi mata kuliah teknik menghias kain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial tambour beading dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran teknik menghias kain. Besar skor rata-rata yang diberikan oleh ahli materi yaitu 100% dengan kategori sangat layak dan skor rata-rata yang diberikan oleh ahli media yaitu 100% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya penilaian uji coba kelayakan diperoleh presentasi 80% dengan kategori sangat layak dan 20% dengan kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial tambour beading sangat layak digunakan dalam pembelajaran materi tambour beading pada mata kuliah teknik menghias kain Kata Kunci : Media Pembelajaran, Tambour Beading , Video Tutorial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:47
Last Modified: 15 Jun 2021 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item