Pelatihan Pendidikan Seksual Terhadap Peningkatan Pemahaman Proteksi Diri dari Pelecehan Seksual Pada Remaja Perempuan Tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar

Yuliana, Arfia Putri (2020) Pelatihan Pendidikan Seksual Terhadap Peningkatan Pemahaman Proteksi Diri dari Pelecehan Seksual Pada Remaja Perempuan Tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar. Perpustakaan.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Arfia Putri Yuliana 1571041039.pdf

Download (596kB)

Abstract

Arfia Putri Yuliana1, Widyastuti2, Dian Novita Siswanti3 Prodi Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Indonesia Email: arfia.putri.yuliana@gmail.com 1, widya_prasthya@yahoo.com 2, dhian76@yahoo.com 3 ABSTRACT Visually impaired teenage girls who have gone through puberty will be more prone to sexual harassment. This is due to the limitations of the visual senses and the level of understanding of self-protection. As a result many cases of sexual abuse experienced by visually impaired adolescent girls, but can not report it because they do not know the culprit. This study aims to find out effective sexual education training to improve understanding of self-protection from sexual harassment in teenage girls at SLB-A YAPTI. The study subjects numbered 9 (N=9) who were visually impaired teenage girls. This research uses the design of the one-group pretest-posttest design. Measuring instruments in this study using self-protection scale compiled by Sulistiyowati and has been modified adjusted to the condition of the subject by researchers with reliability of 0.868. Data analysis using Wilcoxon test nonparametric statistical analysis. The results showed that the p=0.008, up to 0.008 < 0.05 and it can be concluded that sexual education training is effective in improving the understanding of self-protection from sexual harassment. Limitations on this study due to the lack of participants in this study, so the results of the study can not be generalized. Keywords: self protection, sexual education training, sexual harassment ABSTRAK Remaja perempuan tunanetra yang telah mengalami pubertas akan lebih rentan mengalami tindakan pelecehan seksual. Hal ini disebabkan karena keterbatasan indra visual dan tingkat pemahaman proteksi diri yang dimiliki. Akibatnya banyak kasus pelecehan seksual yang dialami remaja tunanetra, tetapi tidak dapat melaporkannya karena tidak tahu pelakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan pendidikan seksual efektif untuk meningkatkan pemahaman proteksi diri dari pelecehan seksual pada remaja perempuan di SLB-A YAPTI. Subjek penelitian berjumlah 9 (N=9) yang merupakan remaja perempuan tunanetra. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen the one-group pretest-posttest design. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala proteksi diri yang disusun oleh Sulistiyowati dan telah dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi subjek oleh peneliti dengan reliabilitas 0,868. Analisis data menggunakan analisis statistik nonparametrik uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p sebesar 0,007, sehingga 0,007 < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa pelatihan pendidikan seksual efektif dalam meningkatkan pemahaman proteksi diri dari pelecehan seksual. Keterbatasan pada penelitian ini karena kurangnya partisipan pada penelitian ini, sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasikan. Kata Kunci: pelatihan pendidikan seksual, pelecehan seksual, proteksi diri.

Item Type: Article
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:34
Last Modified: 15 Jun 2021 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20345

Actions (login required)

View Item View Item