PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR VOKAL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII-1 DI SMP NEGERI 2 RANTEPAO.

TIRANDA, MELANIA (2021) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR VOKAL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII-1 DI SMP NEGERI 2 RANTEPAO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL_Melania Tiranda_.pdf

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi atau mixed methods, penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara mencampur kedua metode berdasarkan rumusan masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindak kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, tes praktek, teknik wawancara, serta teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan media audio visual pada proses pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Rantepao digunakan untuk mempermudah berjalannya proses pembelajaran dengan tahapan sebagai berikut ; Tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. (2) Penerapan media audio visual terhadap proses pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Rantepao dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar vokal serta pemahaman materi ajar kepada siswa. (3) Pemanfaatan media audio visual berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Berdasarkan hasil akhir tes praktek yang telah dilakukan dalam pembelajaran teknik dasar vokal menggunakan media audio visual berupa slide show dan penayangan video teknik dasar vokal, maka hasil tes praktek yang dicapai, atau diperoleh sebanyak 14 orang yang mendapatkan nilai rata-rata 75-79, 8 orang yang mendapatkan nilai rata-rata 80-89, dan 6 orang yang mendapatkan nilai rata-rata 90-95 dari jumlah skor maksimal 100. Dari hasil tersebut pembelajaran menggunakan media audio visual membuktikan bahwa mampu meningkatkan kemampuan teknik dasar vokal terhadap proses dan hasil belajar siswa, dan berhasil dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:48
Last Modified: 16 Jun 2021 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20258

Actions (login required)

View Item View Item