PENERAPAN MODEL EVALUASI EMPAT LEVEL KIRKPATRICK DALAM PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA (TARI) PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 MARANGKAYU KALIMANTAN TIMUR

Thalia Salsabila, Adinda (2021) PENERAPAN MODEL EVALUASI EMPAT LEVEL KIRKPATRICK DALAM PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA (TARI) PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 MARANGKAYU KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ADINDA THALIA S 1782040002.pdf

Download (911kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model evaluasi empat level pada pembelajaran daring seni budaya (tari) yang ditinjau dari setiap level yaitu level 1 Reaction, level 2 Learning, level 3 Behavior dan level 4 Result, jenis penelitian ini adalah evaluative atau studi evaluasi menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Marangkayu yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumen, angket, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan model evaluasi efisien dan efektif diterapkan pada program pembelajaran walaupun dengan system pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan hasil penerapan model evaluasi empat level 1 Reaction mengukur tingkat kepuasan siswa dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data dan hasil pada level ini yaitu siswa merasa puas pada proses pembelajaran namun memeliki kendala yaitu siswa merasa kesulitan pada saat mengerjakan tugas video yang diberikan oleh guru, pada level 2 Learning menggunakan test tertulis untuk mengukur tingkat kompetensi siswa dan pada penelitian ini menggunakan pre test dan post test, hasil pada level ini yaiut adanya peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata nilai 77,5 dengan kategori baik meningkat menjadi rata-rata 88 dengan kategori sangat baik dan pada level 3 Behavior menggunakan observasi dengan menggunakan 4 aspek Aktif, Jujur, Disiplin dan Bertanggung Jawab untuk melihat sikap siswa pada pembelajaran, serta pada level 4 Result yaitu hasil akhir pada program pembelajaran menggunakan hasil keterampilan siswa sebagai hasil akhir pada proses pembelajaran yang telah dilakukan dan pada level ini hanya 54% atau berjumlah 15 siswa dari 28 siswa yang aktif yang mampu merealisasikan dan mempraktek materi yang telah diberikan oleh guru. Kata kunci : Model Evaluasi Empat Level Kirkpatrick, Pembelajaran Daring, Seni Budaya (Tari)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:47
Last Modified: 16 Jun 2021 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20254

Actions (login required)

View Item View Item