STUDI KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PEND. TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Timur, Rahmatul Hadjra (2021) STUDI KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PEND. TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rahmatul Hadjra T_1621042014_Jurnal.pdf

Download (527kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengentahui konsentrasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi konsentrasi belajar pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018, 2019 Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar berjumlah 286 mahasiswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis inferensial (analisis faktor). Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa konsentrasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar berdasarkan indikator memiliki konsentrasi sedang dalam belajar. Hasil analisis faktor diperoleh nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) sebesar 0,660 dan nilai Measure of Sampling Adequency (MSA) > 0,5, Total Variance Explained sebesar 2,271 yang nilai Eigen Value 1. Dengan demikian dari 5 indikator terbentuk 1 komponen yang artinya faktor tidak saling terikat dan tidak berkolerasi. Faktor yang dominan mempengaruhi konsentrasi belajar mahasiswa adalah pada faktor eksternal (faktor dari luar). Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Faktor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:02
Last Modified: 08 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item