IDENTIFIKASI KERUSAKAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA MESIN DIESEL TEKNOLOGI COMMON RAIL (KASUS PADA PT. SULASWESI BERLIAN MOTOR)

Putra, Gamaliel Surya (2021) IDENTIFIKASI KERUSAKAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA MESIN DIESEL TEKNOLOGI COMMON RAIL (KASUS PADA PT. SULASWESI BERLIAN MOTOR). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan yang dominan terjadi pada sistem bahan bakar mesin diesel teknologi common rail dan mengetahui faktor kerusakan pada sistem bahan bakar mesin diesel teknologi common rail yang terjadi di PT Sulawesi Berlian Motor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data work order. Data yang terkumpul sebanyak 43 unit dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kerusakan yang terjadi pada PT Sulawesi Berlian Motor yaitu keruskan fuel filter 43 unit dan kerusakan injector 3 unit. Berdasarkan hasil work order kerusakan yang dominan terjadi pada system bahan bakar mesin diesel teknologi common rail yaitu kerusakan fuel filter. Faktor kerusakan pada sistem bahan bakar mesin diesel teknologi common rail yaitu akselerasi buruk, idle tidak normal, dan knoking yang disebabkan oleh bahan bakar yang terkontaminasi material asing berupa endapan yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme. Kata Kunci: Sistem Bahan Bakar, Diesel, Common Rail

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:16
Last Modified: 07 Jun 2021 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20212

Actions (login required)

View Item View Item