KONTRIBUSI KOORDINASI MATA-KAKI, KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SD INPRES TAMANYELENG KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

SYAM, MUHAMMAD HARMADI (2020) KONTRIBUSI KOORDINASI MATA-KAKI, KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SD INPRES TAMANYELENG KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui; (1) Apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa; (2) Apakah ada kontribusi kecepatan reaksi kaki terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa; (3) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa; (4) Apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki, kecepatan reaksi kaki dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ”korelasional”.Populasinya adalah keseluruhan murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pearson product moment (r), dan hasil analisis korelasi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata kaki terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,502(ρvalue ˂ α 0,05); (2) Ada kontribusi yang signifikan antara kecepatan reaksi kaki terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,509(ρvalue ˂ α 0,05); (3) Ada kontribusi yang signifikan antara keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,506(ρvalue ˂ α 0,05);(4) Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata kaki, kecepatan reaksi kaki dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Tamanyeleng Kecamatan Barombong KabupatenGowa. Dengan nilai RSquare sebesar 0,736 (ρvalue ˂ α 0,05); dan nilai Fhitung (F) sebesar 24,120.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:08
Last Modified: 02 Jun 2021 04:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20161

Actions (login required)

View Item View Item