Analisis Faktor Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Keahlian Akuntansi SMK Negeri I Pangkep

Sahade, Sahade and B. Nurdin, B. Nurdin (2019) Analisis Faktor Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Keahlian Akuntansi SMK Negeri I Pangkep. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” ISBN: 978-623-7496-14-4, 2019, Ruang Teater Menara Pinisi UNM.

[img] Text
Prosiding LP2M Tahun 2019.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer reviewer semnas LP2M edisi 8.pdf

Download (513kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pengelolaan kelas yang mempengaruhi minat belajar siswa keahlian akuntansi, Variabel penelitian ini adalah faktor pengelolaan kelas dan minat belajar siswa keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif dan analisis regresi untuk mengetahui sejauhmana faktor-faktor tersebut berpengaruh. Adapun populasinya seluruh siswa/siswi kelas XI Program Keahlian Akuntansi yang berjumlah sebanyak 144 orang. dan sampelnya sebanyak 59 orang siswa/siswi dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Berdasarkan hasil prapenelitian di SMK Negeri 1 Bungoro menyimpulkan bahwa ada faktor pengelolaan kelas sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik program keahlian akuntansi, berdasarkan data dari capaian hasil belajar siswa dengan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah sebesar 75, menjelaskan bahwa yang mempengaruhi adalah faktor menunjukkan sikap tanggap, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, menegur, memberikan penguatan, memodifikasi tingkah laku siswa, pengelolaan kelompok dan hal-hal yang harus dihindari proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji analisis regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018 dimana nilai signifikan tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05 yang berarti bahwa faktor pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro. Sehingga hipotesis yang diajukan yakni “Diduga bahwa faktor pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro dinyatakan ” diterima”.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sikap disiplin dan budaya sekolah
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 26 May 2021 15:48
Last Modified: 26 May 2021 15:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item View Item