PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES MINASA UPA I KOTA MAKASSAR

BASYIR, NUR INDAH AYU LESTARI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES MINASA UPA I KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL NUR INDAH AYU LESTARI BASYIR.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar sebanyak 27 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Kata Kunci : Quantum Teaching, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 May 2021 06:49
Last Modified: 06 May 2021 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20033

Actions (login required)

View Item View Item