PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 241 BARUGAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA

Jumiati L, Jumiati L (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 241 BARUGAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_Jumiati L ( PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT).pdf

Download (110kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1). Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Aktif tipe card sort untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. 2). Bagaimana hasil belajar IPA siswa setelah Metode Pembelajaran Aktif tipe card sort diterapkan pada siswa kelas V SDN 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Pendekatan yang gunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Subjek penelitiannya yaitu seorang guru dan Siswa Kelas V SDN 241 Barugae Kecamata Bulukumpa Kabupaten Bulukumba sebanyak 14 orang yang terdiri dari 1guru, 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang gunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang gunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas guru berada dalam kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori cukup dan tes hasil belajar siswa berada pada kategori belum tuntas. pada siklus II menunjukkan hasil observasi aktivitas guru berada dalam kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik dan tes hasil belajar siswa berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Kata kunci: Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:47
Last Modified: 30 Apr 2021 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20025

Actions (login required)

View Item View Item