PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GERAK TERHADAP KETERAMPILAN DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SD FRATER BAKTI LUHUR MAKASSAR

Trisakti, Jhon Citro (2021) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GERAK TERHADAP KETERAMPILAN DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SD FRATER BAKTI LUHUR MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen (experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh murid SD Frater Bakti Luhur Makassar kelas VI dengan jumlah sampel penelitian 40 murid yang dipilih secara random sampling. Kemudian teknik pembagian sampel menggunakan maching ordinal menjadi 20 setiap kelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktorial 2X2 dan uji tukey dengan menggunakan sistem SPSS Versi 20.00 pada taraf signifikan 95% atau 0,05. Berdasarkan dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran koorperatif dan pendekatan pembelajaran modifikasi terhadap keterampilan dasar permainan sepakbola murid SD Frater Bakti Luhur Makassar, dapat dilihat bahwa Fhitung antar kolom (FA) = 4,340, terlihat lebih besar dari = 4,113, tampak bahwa > atau P-value = 0,034 < 0,05 dan pendekatan pembelajaran modifikasi (rata-rata = 19,7115 dan simpang baku = 2,15129) lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran koorperatif (rata-rata = 20,2400 dan simpan baku = 1,76746). (2) Ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap keterampilan dasar permainan sepakbola murid SD Frater Bakti Luhur Makassar, diperoleh interaksi (FAB) = 189,838 dan = 4,113, tampak bahwa > atau P-value = 0,000 < 0,05, (3) Ada perbedaan keterampilan dasar permainan sepakbola antara kelompok kemampuan gerak tinggi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif dan pendekatan pembelajaran modifikasi, dengan nilai P-value adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan kemampuan gerak tinggi yang menggunakan pendekatan pembelajaran modifikasi sebesar 17,7440 lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif sebesar 21,7680, (4) Ada perbedaan keterampilan dasar permainan sepakbola antara kelompok kemampuan gerak rendah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif dan pendekatan pembelajaran modifikasi, dengan p-value adalah 0,000 lebih besar dari 0,05, dan kemampuan gerak rendah yang menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif sebesar 18,7120, lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan pembelajaran modifikasi sebesar 21,6790.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:37
Last Modified: 29 Apr 2021 04:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item