PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENI MUSIK PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS V UPT SDN 3 KEPULAUAN SELAYAR KECAMATAN BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Mutmainnah, Hanifah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENI MUSIK PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS V UPT SDN 3 KEPULAUAN SELAYAR KECAMATAN BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION).pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan seni musik pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) untuk meningkatkan keterampilan seni musik pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dalam meningkatkan keterampilan seni musik pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dan keterampilan seni musik. Setting penelitian ini adalah UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar tahun ajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil keterampilan seni musik siswa pada mata pelajaran SBdP. Adapun pencapaian pada siklus I, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada pencapaian siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik (B). Hasil keterampilan seni musik siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dapat meningkatkan keterampilan seni musik pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Kata kunci : Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), keterampilan seni musik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:02
Last Modified: 29 Apr 2021 04:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item