PENGARUH LATIHAN LANGSUNG DAN RINTANGAN MENGGUNAKAN MEDIA TALI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA ATLET PUTRI BKMF BOLAVOLI FIK UNM

Husna, Asmaul (2021) PENGARUH LATIHAN LANGSUNG DAN RINTANGAN MENGGUNAKAN MEDIA TALI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA ATLET PUTRI BKMF BOLAVOLI FIK UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nuni.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan langsung dan rintangan menggunakan media tali terhadap peningkatan keterampilan passing bawah pada atlet putri. Populasi penelitian ini adalah atlet putri BKMF Bola Voli UNM, sedangkan sampel penelitian adalah atlet putri BKMF Bola Voli UNM yang aktif, sampel dibagi menjadi Kelompok Eksperimen (KE) dan Kelompok Kontrol (KK). Metode latihan yang diterapkan yaitu metode latihan rintangan menggunakan media tali pada kelompok eksperimen dan metode latihan langsung pada kelompok kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test dan post-test sesuai dengan indikator keterampilan passing bawah. Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh latihan langsung terhadap keterampilan passing bawah atlet putri BKMF BOLA VOLI FIK UNM, (2) ada pengaruh latihan tidak langsung dengan menggunakan media tali terhadap keterampilan passing bawah pada atlet putri BKMF BOLA VOLI FIK UNM (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara latihan langsung dan latihan tidak langsung dengan menggunakan media tali terhadap keterampilan passing bawah pada atlet putri BKMF BOLA VOLI FIK UNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan langsung maupun latihan rintangan menggunakan media tali memberikan pengaruh yang berbeda terhadap peningkatan keterampilan passing bawah pada atlet putri BKMF Bola Voli UNM. Kata Kunci: Latihan langsung, Latihan rintangan media tali, Keterampilan Passing bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:14
Last Modified: 26 Apr 2021 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20002

Actions (login required)

View Item View Item