KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SHOW NOT TELL DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK PANCA MARGA MAKASSAR

Nismawati, Nismawati (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SHOW NOT TELL DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK PANCA MARGA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL NISMAWATI (171050101014).pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut, (1) mendeskripsikan model pembelajaran Show Not Tell dalam keterampilan menulis cerpen siswa SMK Panca Marga Makassar, (2) mendeskripsikan model pembelajaran Think Pair Share dalam keterampilan menulis cerpen siswa SMK Panca Marga Makassar, (3) mendeskripsikan keefektifan model Show Not Tell dan Think Pair Share dalam keterampilan menulis cerpen siswa SMK Panca Marga Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Nonequivalnt Control Grup Design serta menggunakan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMK Panca Marga Makassar yang berjumlah 48 siswa. Dalam penelitian ini ditetapkan sampel yakni kelas XI.a dan kelas XI.b yang berjumlah 48 siswa, penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Keseluruhan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial jenis regresi linear sederhana dengan bantuan program Sofware Statistical Product Service Solution (SPSS) versi 21 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan model Show Not Tell berada pada kategori efektif dengan nilai rata-rata 84,88. Jumlah siswa yang memeroleh nilai ketuntasan 20 orang (83,33%) dari 24 siswa; (2) Keterampilan siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan model Think Pair Share berada pada kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata 76,38.Jumlah siswa yang memeroleh nilai ketuntasan 18 orang (75%) dari 24 siswa; dan (3) Berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata kelas XI.a menggunakan moel Show Not Tell lebih efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan dengan data nilai hasil belajar siswa pada Posttest yaitu, dengan inilai rata-rata 84,88. Selain itu terdapat 20 siswa atau 83,33% dari 24 jumlah siswa yang memeroleh nilai ≥ 75. Hal tersebut juga berdasarkan uji prasyarat aqnalisis data menggunakan uji t. Diperoleh nilai t hitung = 1.769 dan d.f= 46 dengan signifikansi 5 % dan taraf kepercayaan 95%, maka nilai t0,05= 1,678 ( lihat pada lampiran distribusi t). Karena nilai t hitung =1769 maka kriteria pengujian yang digunakan adalah t hitung ≥ nilai t tabel, maka Hipotesis alternatif (H1) diterima. Kata Kunci: model Show Not Tell, model Think Pair Share, menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:21
Last Modified: 26 Apr 2021 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item