PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN MANUSIA (SUATU STUDI DI DESA TALUMAE KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDRAP)

Hardiyanti, Hardiyanti (2021) PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN MANUSIA (SUATU STUDI DI DESA TALUMAE KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDRAP). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI HARDIYANTI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Alokasi Dana Desa Desa (ADD) adalah dana yang diperoleh dari dana perimbangan keuangan pusat yang diterimah oleh kabupaten atau kota yang kemudian di salurkan ke desa untuk menambah pendapatan desa sehingga dapat menyelenggarakan otonominya agar dapat tumbuh dan berkembang mengikuti desa itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, implementasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan alokasi dana desa dalam perspektif pembangunan manusia di desa Talumae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa Talumae, Sekerrtaris Desa Talumae, Bendahara Desa Talumae, dan Masyarakat. Hasil penelitian ini yaitu: Berdasarkan tahapan perencanaan pemanfaatan alokasi dana desa didesa Talumae sudah sesuai dengan Permendagri No 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa. Pengimplementasian pemanfaatan alokasi dana desa dalam perspektif pembangunan manusia didesa Talumae dilaksanakan dengan adanya ketersediaan akses dibidang pendidikan dan kesehatan. Dibidang pendidikan terdapat pembangunan gedung PAUD dan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada pemerintah desa dan juga masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku masyarakat dan aparatur penyelenggara pemerintah desa, sehingga mampu memberdayakan serta membangun diri dan lingkungan secara mandiri. Adapun di bidang kesehatan dilaksanakan dengan adanya penyuluhan kesehatan, ketersediaan air bersih, sanitasi jamban dan posyandu. Dan menurut data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Sidereng Rappang mengungkapkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ditahun 2017 sebesar 69,84, ditahun 2018 sebesar 70,60, dan ditahun 2019 sebesar 71,05 jadi indeks pembangunan manusia dikabupaten Sidereng Rappang telah mengalami peningkatan setiap tahunya dan termasuk IPM yang tinggi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan alokasi dana desa dalam perspektif pembangunan manusia didesa Talumae adalah partisipasi masyarakat dan ketersediaan sarana dan prasarana. Kata kunci: ADD, pembangunan manusia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:41
Last Modified: 22 Apr 2021 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item