PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI LINGKUNGAN SATUAN PENDIDIKAN PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SMPN 1 BONTOMARANNU

WALIAH, FADILAH MUGHNI (2021) PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI LINGKUNGAN SATUAN PENDIDIKAN PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SMPN 1 BONTOMARANNU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL fadilah fix.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis dan Bentuk tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan pada UPT satuan pendidikan SMPN 1 Bontomarannu; (2) Faktor yang menyebabkan terjadinya tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan pada UPT satuan pendidikan SMPN 1 Bontomarannu; dan (3) Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di lingkungan Satuan Pendidikan Pada UPT Satuan Pendidikan SMPN 1 Bontomarannu. Tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan sumbernya, jenis data dalam penelitian ini ini bersifat kualitatif yang diperoleh melalui metode wawancara terhadap guru BK, perwakilan guru kelas VII, VIII dan IX, dan Peserta didik, kemudian diolah dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peneliti telah mengetahui dengan jelas bahwa jenis tindak kekerasan pada SMPN 1 Bontomarannu yaitu Perkelahian, Pemerasan, Tindak Pelanggaran Asusila, Perundungan, dan pelecehan. Seperti yg dialami oleh peserta didik yang menjadi korban dan pelaku. Kemudian, mengenai bentuk tindak kekerasan yang terjadi di SMPN 1 Bontomarannu adalah pemukulan, penyerangan atau pengeroyokan oleh orang tidak dikenal, pengancaman, mengadu domba, hingga pengurungan peserta didik oleh pelaku pelanggaran tindak asusila. 2) Faktor penyebab terjadinya tindak kekerasan di SMPN 1 Bontomarannu terbagi atas 2 jenis. Pertama, karena faktor lingkungan, teman sebaya, dan teman bergaul yang tidak bersifat edukatif dan memberikan dampak negatif. Kedua, karena kurangnya kasih sayang keluarga yang diberikan kepada peserta didik. Hal tersebut, membuat peserta didik menjadi tidak terarah, mudah bertindak dan memberikan dampak buruk lainnya. Meskipun terbagi atas dua, pihak guru lebih dominan memberikan fakta bahwa faktor utama peserta didik melakukan tindak kekerasan ialah karena faktor lingkungan. 3) Upaya pencegahan terjadinya tindak kekerasan adalah menjamin kondisi yang aman, nyaman, dan menyenangkan serta menjamin keamanan dan keselamatan, berkoordinasi dengan pihak atau lembaga yang berwenang, lembaga keagamaan, lembaga psikologi, menyediakan papan layanan pengaduan meskipun belum secara keseluruhan,dan upaya penanggulangan yang telah dilakukan oleh SMPN 1 Bontomarannu adalah memberikan pertolongan pertama, menindaklanjuti masalah, merehabilitasi pelaku tindak kekerasan, dan memberikan penanganan khusus untuk korban tindak kekerasan. Kata Kunci : Penanggulangan, Pencegahan, Tindak Kekerasan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:58
Last Modified: 21 Apr 2021 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19977

Actions (login required)

View Item View Item