PERILAKU PHUBBING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA 1 SISWA DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR)

Galigo, Andi Agung Putra (2021) PERILAKU PHUBBING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA 1 SISWA DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Andi Agung Putra Galigo.pdf

Download (277kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terhadap 1 Siswa berinisial AO yang berperilaku phubbing di SMK Negeri 10 Makassar. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gambaran umum perilaku phubbing pada pada siswa yang berinisial AO di SMK Negeri 10 Makassar. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kecenderungan perilaku phubbing pada siswa yang berinisial AO di SMK Negeri 10 Makassar. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perilaku phubbing pada siswa yang berinisial AO di SMK Negeri 10 Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) gambaran kecenderungan perilaku phubbing pada siswa yang berinisial AO yaitu Terlalu fokus saat bermain Smartphone sehingga tatapan lebih tertuju kepada Smartphone dibanding orang lain ketika diajak berkomunikasi, sering mengabaikan pembicaraan yang berlangsung sehingga menyebabkan orang lain merasa kurang direspon, ketergantungan terhadap Smartphone, dan Melakukan sedikit tatap muka dan interaksi sosial ketika bermain Smartphone. (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing pada siswa yang berinisial AO yaitu Kebiasaan membuka aplikasi di dalam Smartphone secara terus menerus, selalu menjelajahi media sosial, dan kebiasaan bermain game online. (3) Penanganan kecenderungan perilaku phubbing pada kasus dilakukan menggunakan teknik Token Ekonomi. Proses pemberian bantuan melalui 3 tahap, yaitu tahap Persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun perubahan pada konseli AO yaitu Konseli AO sudah mulai untuk tidak bermain Smartphone ketika berada di dekat orang lain, Konseli AO sudah dapat mengatur waktu dan membatasi diri untuk bermain Smartphone secara berlebihan, Konseli AO sudah mulai berani untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu dengan orang lain, dan Konseli AO sudah mulai membuka diri kepada orang lain dan sudah mulai aktif mendengarkan dan berbicara ketika berdiskusi maupun berinteraksi dengan orang lain Kata Kunci: Phubbing, Smartphone dan Teknik Token Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:29
Last Modified: 21 Apr 2021 04:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item