ANALISIS ARTIKEL TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SEKOLAH DASAR

Asri, Muhammad Muddatsir (2021) ANALISIS ARTIKEL TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ANALISIS ARTIKEL TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPER.pdf

Download (185kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis artikel tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian pustaka dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang berkaitan pada yang telah dijurnalkan yang berisikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil penelitian terdapat 6 jurnal yang dianalisis peningkatan hasil belajarnya memalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Nubered Head Together (NHT), dimana 5 jurnal memiliki kesamaan yaitu melaksanakan 2 skilus saja. Pada siklus I dari kelima jurnal yang dianalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) meningkat akan tetapi belum mencapai standar yang ditentukan oleh masing-masing sekolah dan barulah pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sesusai standar (KKM) yang ditentukan oleh masing-masing sekolah. Sedangkan pada jurnal yang satu dilaksanakan sebanyak tiga siklus dimana pada siklus I dan siklus II hasil belajar siswa masih belum mengalami peningkatan yang diharapkan, nanti pada siklus III hasil belajar siswa meningkat atau telah mencapai KKM. Adapun manfaat pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)terhadap siswa yang hasil belajarnya rendah antara lain rasa harga diri menjadi lebih tinggi, bertanggung jawab, penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar, perilaku mengganggu menjadi lebih kecil. Adapun kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)ialah peserta didik dapat berinteraksi dalam memecahkan masalah untuk menentukan konsep yang dikembangkan, dapat meningkatkan perolehan akademik dan keterampilan sosial, dan setiap peserta didik memiliki kesiapan belajar. Sedangkan kekurangannya ialah tidak terlalu cocok dengan peserta didik yang banyak, membutuhkan waktu yang lama, dan tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh pendidik. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai referensi bagi guru untuk lebih nenahami model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:22
Last Modified: 21 Apr 2021 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item