KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 MAJENNE

YUNIAR, M (2021) KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 MAJENNE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal new- YUSNIAR.pdf

Download (353kB)

Abstract

Abstrak Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikan KepemimpinanInstruksionalKepalaSekolahSMPNegeri2Majene..Subjekpenelitianini adalahKepalaSekolahSMPNegeri2Majene,WakilKepalaSekolahbagianKurikulum,guru kelasVII,gurukelasVIIIdangurukelasIX.Datahasilpenelitiandiperolehdengancara wawancaradandokumentasi.Berdasarkanhasilpenelitian diperoleh(a)Kepemimpinan instruksionalkepalasekolahterlaksanadenganperumusandanpengkomunikasianvisimisi dantujuansekolahMengkoordinasikankurikulumpembelajaranyangakandigunakandi sekolah,,Mengkoordinasikanpembagiantugasgurudalam pembelajaran,Menetapkan standarakademik,Mendorongterciptanyaiklim pembelajaranyangkondusifdan menyenangkan,Melakukansupervisidanevaluasiterhadapprogram pembelajaran,(b) Faktorpendukung kepemimpinan instruksionalKepala SMPN 2 Majene berupa: Kepemimpinanyangkuat,hadirdanterlihatdisekelilingsekolahsecaraterus menerus,punyaharapantinggiuntukgurudanpesertadidikdanmenghabiskansebagian besarharibekerjauntukmeningkatkaninstruksi,memilikiiklimyangamandantertibdan memantaukemajuanpesertadidikdankesiapanperencanaan,danpelaksanaanprosesyang terkontroldanterevaluasidanadanyakomunikasiyangterjalinsecaraefektifdengan seluruhwargasekolahsertastakeholderyangterkait,(c)FaktorpenghambatKepemimpinan instruksionalKepalaSMPN2Majeneberupa:Kurangnyaperhatianorangtuakepadaanakini disebabkankarenaorangtuamasihbanyakberanggapanbahwapendidikancukupdiberikan disekolahsajadankemajuanIPTEKmemberikandampakyangnegatifpadaperkembangan anakkarenaminatbelajarnyamenjadikurang,kelemahan-kelemahanpadatataranguru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:53
Last Modified: 21 Apr 2021 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item