PENGELOLAAN KEGIATAN LITERASI DI SMP NEGERI 5 MAJENE

Samsuar, Samsuar (2021) PENGELOLAAN KEGIATAN LITERASI DI SMP NEGERI 5 MAJENE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS SAMSUAR.pdf

Download (380kB)

Abstract

Abstrak Program literasi di SMP Negeri 5 Majene ini, tentu berpengaruh terhadap kualitas pendidikan pada setiap mata pelajaran. Mutu proses pendidikan di SMP Negeri 5 Majene berada dalam tataran sedang dan cenderung sama dengan keadaan sebelum-sebelumnya hal ini bisa dilihat dari proses pendidikan di lingkungan sekolah. Jika dilihat dari proses pembelajaran, banyak siswa yang masih kurang berminat untuk membaca buku teks pelajaran, sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Disamping itu sikap tanggung jawab, keaktifan dan juga kedisipinan dari siswa dirasa kurang terutama dalam proses pembelajaran. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui perencanaan program literasi di SMPN 5 Majene; (2) mengetahui pengorganisasian program literasi di SMPN 5 Majene; (3) mengetahui pelaksanaan program literasi membaca di SMPN 5 Majene; (4) mengetahui evaluasi program literasi di SMPN 5 Majene; dan (5) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program literasi di SMP Negeri 5 Majene. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pengelolaan literasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasi, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat program literasi di SMP Negeri 5 Majene. Teknik pengumpulan data, dengan menggunakan metode triangulasi yang meliputi teknik (i) wawancara mendalam (ii) observasi dan (iii) dokumentasi. Program literai dengan tahapan perencanaan adalah mempunyai program jangka panjang 5 tahun dan jangka pendek, Pengorganisasian mempunyai struktur organisasi tersendiri yang berjalan dengan baik, Pelaksanaan kegiatan literasi adalah kegiatan literasi membaca dan dilanjutkan dengan literasi menulis, dengan membuat kesimpulan dari apa yang dibaca yang kemudian hasil dari tulisannya tersebut dipresentasikan dikelas, evaluasi hanya untuk mengevaluasi peserta didik yang waktu evaluasinya seminggu sekali, faktor pendukung memiliki sarana dan prasarana yang memadai dengan ketersediaan buku yang beraneka ragam, dan fakor penghambatnya adalah keterlambatan siswa datang ke sekolah serta kurangnya motivasi baik dari diri siswa maupun dari luar siswa. Kata kunci: program literasi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:48
Last Modified: 21 Apr 2021 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item