IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MALUNDA KECAMATAN MALUNDA KABUPATEN MAJENE

Rahmani, Rahmani (2021) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MALUNDA KECAMATAN MALUNDA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_RAHMANI_181051401061-converted.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malunda Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malunda Kecamatan malunda kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melaui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama, perencanaan kegiatan supervisi akademik kepala sekolah dimulai dengan pembuatan program supervisi, kemudian disosialisasikan kepada semua guru agar mempersiapkan segala hal yang menjadi tanggungjawab dalam pelaksanaan supervisi tersebut. Perencaan supervisi berpedoman pada hasil supervisi sebelumnya. Kedua , pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malunda menggunakan teknik kelompok dan perorangan, tetapi lebih sering menggunakan teknik berkelompok. Dalam melaksanakan supervisi , kepala sekolah melibatkan guru senior seperti wakasek kurikulum. Ketiga, kegiatan program tindak lanjut supervisi akademik di SMA Negeri 1 Malunda hanya berupa pembinaan yang bersifat umum yang dilakukan dalam rapat dewan guru, selanjutnya guru diharapkan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan MGMP atau kegiatan lain yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Keempat, faktor pendukung pelaksaan supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malunda antara lain adalah kompetensi yang dimiliki oleh guru,respon positif dari guru terhadap pelaksanaan supervisi, keterlibatan pengawas sekolah yang senantiasa memberikan bimbingan baik kepada guru maupun kepala sekolah, dan kerjasama antara warga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah efektivitas pelaksanaan kegiatan di sekolah yang berhubungan dengan padatnya kegiatan belajar mengajar dan kegiatan sekolah lainnya yang menjadikan jadwal pelaksanaan supervisi tidak dapat terlaksana sesuai waktu yang telah ditentukan, serta kesibukan kepala sekolah dalam urusan kedinasan lainnya . Hal ini dapat disimpulkan bahwa , Implementasi supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malunda telah terlaksana walaupun tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kata kunci : Supervisi Akademik dan Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:21
Last Modified: 20 Apr 2021 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19956

Actions (login required)

View Item View Item