EMOSI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MTs NEGERI SOPPENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Wahyuni, Sri EMOSI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MTs NEGERI SOPPENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
JURNAL EMOSI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MTs NEGERI SOPPENG.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran emosi akademik siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Negeri Soppeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi emosi akademik peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Negeri Soppeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang terdiri dari dua variable yaitu gambaran emosi akademik siswa dan faktor yang mempengaruhi emosi akademik peserta didik. Responden penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII di MTs Negeri Soppeng yang terdiri dari kelas VIII B, VIII C dan VIII F. Dengan melakukan metode wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran emosi akademik siswa kelas VIII di MTs Negeri Soppeng terdiri dari tiga indikator yaitu activity emotion, prospective outcome emotions, dan retrospective outcome emotions. Activity emotion menunjukkan emosi informan pada saat kegiatan pembelajaran seperti kesulitan belajar siswa ketika penjelasan guru yang kurang dipahami serta keadaan kelas yang ribut dapat mengganggu proses kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan Retrospective outcome emotions menunjukkan emosi informan dengan hasil belajar yang diperoleh seperti pemahaman siswa yang baik dalam kegiatan pembelajaran dapat menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai yang memuaskan. Pada Prospective outcome emotions tidak menunjukkan emosi informan secara dominan karena prediksi hasil belajar siswa tidak mempengaruhi emosi akademiknya. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi emosi akademik siswa kelas VIII di MTs Negeri Soppeng terdiri dari lima indikator yaitu pola asuh orang tua, seperti aturan jam belajar sang anak di rumah dan cara memberikan motivasi kepada anak dalam kegiatan pembelajaran. Pada faktor perubahan jasmani, konsentrasi belajar siswa akan terganggu ketika kurang sehat serta penampilan siswa sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada perubahan interaksi dengan teman sebaya, konsentrasi belajar siswa terganggu ketika teman melakukan keributan selama kegiatan pembelajaran. Pada aspek perubahan pandangan luar yaitu siswa melakukan kegiatan sebagai hiburan ketika merasa lelah belajar dan mengerjakan tugas seperti bermain game, bermain musik, berkumpul dengan teman atau tidur untuk merilekskan pikiran. Sedangkan pada perubahan interaksi dengan sekolah yaitu bagaimana pandangan para siswa mengenai cara atau metode yang digunakan guru mata pelajaran IPS selama mengajar di kelas. Kata Kunci: Emosi Akademik, Siswa, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:05
Last Modified: 16 Apr 2021 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item