PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE

Suddin, Suddin (2021) PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal - SUDDIN.pdf

Download (310kB)

Abstract

com 3Email: wahira@unm.ac.id Abstrak SUDDIN.2020. Pengelolaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Dibimbing oleh Ansar dan Wahira. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Gambaran pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3) Gambaran evaluasi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (4) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan terdiri dari proses penentuan tujuan, penyusunan program atau kegiatan, dan proses pengintegrasian nilai karakter. (2) Pengorganisasian terdiri dari elemen kegiatan, jadwal kegiatan, dan penanggung jawab. (3) Pelaksanaan terdiri dari pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran (KBM); program sekolah; dan kegiatan ekstrakurikuler), pelaksanaan (pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). (4) Pengevaluasian terdiri dari evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa). (5) Faktor yang mendukung penerapan budaya sekolah siswa diantaranya dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM) yang memadai, sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah yang lengkap, kegiatan yang sudah terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari orang tua/ wali murid, dan masyarakatsekitar. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat penerapan budaya sekolah siswa meliputi terbatasnya kontrol dari sekolah setelah siswa pulang sekolah, pengaruh media, kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa yang kurangbaik. Kata Kunci :Pengelolaan, Budaya Sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:31
Last Modified: 16 Apr 2021 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item View Item