STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH PADA STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SMK NEGERI 1 KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Muspida, Muspida (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH PADA STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SMK NEGERI 1 KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal - Muspida.pdf

Download (105kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi Peningkatan mutu sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan di Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Karossa, (2) Mengetahui faktor pendukung peningkatan mutu sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan di Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Karossa, (3) Mengetahui faktor penghambat peningkatan mutu sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan di Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Karossa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Karossa memiliki strategi dalam peningkatkan mutu sekolah melalui Standar Kompetensi Lulusan yaitu meliputi dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, terlaksana dengan baik sesuia standar kompetensi lulusan yang diharapkan. Pada dimensi sikap SMK Negeri 1 Karossa melaksanakan pengembangan perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yakni melakukan ibadah di sekolah, menerapkan sikap patuh dan disiplin dengan mentaati tata tertib, pengembangan sikap berkarakter, sikap sehat melalui kegiatan olahraga dan organisasi siswa, pemberian keteladanan guru terhadap siswa, dan melaksanakan kegiatan literasi dengan pembiasaan membaca 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Pada dimensi pengetahuan dilakukan dengan penggunaan metode dan media yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan seperti materi ajar yang bersifat faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Pada dimensi keterampilan yang dilakukan ialah pengembangan keterampilan berpikir kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui kegiatan praktik di laboratorium, pemberian tugas individu dan kelompok serta melaksanakan kegiatan wirausaha siswa. Faktor pendukung dalam peningkatkan mutu sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan ialah sarana dan prasarana yang memadai, kepemimpinan sekolah, motivasi internal guru dan siswa, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Faktor penghambat dalam peningkatkan mutu sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan ialah jumlah guru produktif masih kurang sehingga berimbas pada kurang efektifnya penggunaan sarana dan prasarana laboratorium serta minimnya jumlah dunia usaha dan dunia industri yang ada di sekitar sekolah. Kata kunci : Penelitian Deskriptif, Mutu Sekolah, Standar Kompetensi Lulusan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Apr 2021 06:27
Last Modified: 15 Apr 2021 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item