METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA ( TARI PANEN ) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPA I SMAN 3 PANGKEP

Madinah, Madinah (2019) METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA ( TARI PANEN ) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPA I SMAN 3 PANGKEP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNALSKRIPSI.pdf

Download (249kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsi Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari Panen) Di Kelas X IPA I SMAN 3 Pangkep. (2) Mengetahui Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X IPA I SMAN 3 Pangkep Melalui Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Panen). Jenis penilitian yang digunakan kuantitatif, peneliti menjabarkan hasil penelitian dengan angka/nilai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan tujuan penelitian maka hasil penelitian sebagai berikut: Penerapan metode drill pada Siklus I dan Siklus II dapat meningkatkan minat siswa kelas X IPA 1 di SMAN 3 Pangkep dalam pembelajaran seni tari (Tari Panen). Hal ini terbukti secara empiris bahwa sebelum penerapan tindakan hanya 40% yang berminat dan setelah di setelah pelaksanaan tindakan meningkat menjadi 90%. Hasil dari Penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA 1 di SMAN 3 Pangkep dalam pembelajaran seni tari (Tari Panen). Hal ini terbukti secara empiris pada siklus I terdapat 60% siswa yang mencapai KKM penelitian yang diterapkan, dan pada siklus II meningkat 100%. Kata Kunci : Tari Nusantara (Tari Panen), Metode Drill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:02
Last Modified: 29 Apr 2021 04:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19920

Actions (login required)

View Item View Item