PERAN INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP PEMAHAMAN RADIKAL DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS FT UNM)

Hardianti, St Tri Dian (2021) PERAN INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP PEMAHAMAN RADIKAL DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS FT UNM). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ST TRI DIAN HARDIANTI.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa faktor-faktor berkembangnya radikalisme di kalangan mahasiswa serta bagaiman peran institusi pendidikan tinggi terhadap pemahaman radikal dikalangan mahasiswa dengan membenturkan 3 variabel konsep peran oleh Levinson yaitu perilaku individu, hak dan kewajiban, dan rangkaian aturan-aturan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan fokus penelitian di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak efektiknya peran institusi pendidikan tinggi terhadap perkembangan radikal dikalangan mahasiswa ini dapat dilihat dari Indikator yang saling berhubungan antara peran kampus UNM dan kepuasan mahasiswa terhadap radikalisme yaitu perilaku individu dengan need, perilaku individu dengan narasi, hak dan kewajiban dengan need, hak dan kewajiban dengan network, rangkaian aturan-aturan dengan need serta rangkaian aturan-aturan dengan narasi. Pentingnya peran kampus dalam mencegah radikal agar menjaga iklim dan budaya kampus untuk tetap menjadi ruang dialegtis dan kritis. Kata Kunci :Peran, Pendidikan, Radikalisme Mahasiswa, Demonstrasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Apr 2021 06:12
Last Modified: 14 Apr 2021 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item