PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Nurliana, Nurliana (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel dari Skripsi-Pdf.pdf

Download (202kB)

Abstract

Nurliana Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Email : nurlianaabna@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi Guru sebagai variabel bebas yang diukur dengan menggunakan indikator kompetensi pedagogik yang terdiri dari memahami peserta didik secara mendalam dan melaksanakan pembelajaran, indikator kompetensi kepribadian yang terdiri dari kepribadian yang mantap dan stabil dan kepribadian dewasa, kompetensi profesional dengan indikator menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi dan kompetensi sosial dengan indikator berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik (2) Keaktifan Belajar sebagai variabel terikat diukur dengan menggunakan indikator kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan, kegiatan menulis, kegiatan mental dan kegiatan emosional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 139 siswa, sedangkan sampel adalah sebanyak 58 siswa yang diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, analisis deskriptif persentase, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=25,543+0,676X yang berarti tiap penambahan 1 nilai kompetensi guru, maka nilai keaktifan belajar siswa mengalami kenaikan 26,219. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 25,8% yang berarti kompetensi guru memiliki kontribusi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 25,8% dan sisanya 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,004<0,05 yang berarti kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Kompetensi Guru, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > EKONOMI PEMBANGUNAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:09
Last Modified: 14 Apr 2021 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item