PELAKSANAAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR PADA KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH GUGUS I KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

Muhammadong, Amri (2021) PELAKSANAAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR PADA KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH GUGUS I KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL AMRI ACC.pdf

Download (476kB)

Abstract

Amri Muhammadong, Muhammad Arifin Ahmad, Wahira Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 email: amri_muhammadong@yahoo.com / amrimuhammadong1992@gmail.com ABSTRAK AMRI MUHAMMADONG. 2021. Pelaksanaan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Pada Kelompok Kerja Kepala Sekolah Gugus I Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. (Dibimbing oleh Prof.Dr.H. Muhammad Arifin Ahmad, MA dan Dr. Wahira, M.Pd). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah dasar pada kelompok kerja kepala sekolah gugus I Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor – faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah dasar pada kelompok kerja kepala sekolah gugus I Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data) dan Conclusion Drawing (Verification) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Melakukan triangulasi sesuai aturan, Analisis kasus negatif, dan Menggunakan bahan referensi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah dasar pada kelompok kerja kepala sekolah gugus I Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar secara umum sudah terlaksana dengan baik dikarenakan kepala sekolah memberikan wewenang kepada pelaksana dan memberikan kepercayaan penuh, membagi dan menggolongkan aktivitas yang dilaksanakan, terciptanya jalinan kerja yang harmonis antar para tenaga pendidik dan seluruh perangkat sekolah lainnya di sekolah, adanya motivasi dari kepala sekolah yang mendorong kepada para pelaksana dan seluruh jajaran untuk melaksanakan peningkatan mutu pembelajaran, terdapat adanya bimbingan ke arah pencapaian sasaran pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya, kepala sekolah senantiasa melakukan pengawasan langsung maupun pengawasan tidak langsung setiap satu bulan sekali diadakan musyawarah, kepala sekolah selalu menampilkan pribadinya memiliki visi/misi serta mampu berkomunikasi dan mengambil keputusan, kepala sekolah sering memberikan motivasi baik berupa fisik maupun psikis. Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah yaitu Lingkungan sekolah yang kondusif, Sarana dan prasarana yang mamadai, Dukungan dari warga sekolah dalam memaksimalkan prestasi sekolah. Adapun faktor penghambat pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah yaitu terdapatnya sekolah yang dalam keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, kurangnya pemahaman kepala sekolah dan guru akan juknis manajemen sekolah serta kurangnya inovasi dari tenaga kependidikan. Kata Kunci : Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:02
Last Modified: 14 Apr 2021 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item