PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Arsyani, Rasnita (2021) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rasnita Arsyani_1629042021.pdf

Download (344kB)

Abstract

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar rasnita10@gmail.com ABSTRAK Penilitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi perpustakaan pada Perpustakaan SMK Negeri 5 Makassar dan untuk mngetahui tanggapan pengguna terhadap sistem yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) Software Development. Sistem informasi tersebut dirancang menggunakan model pengembangan prototyping. Sistem informasi ini dikembangkan agar dapat mengatasi masalah pengelolaan data perpustakaan yang masih menggunakan cara konvensional di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Makassar. Subjek penelitian pada pengembangan sistem ini adalah Kepala Perpustakaan, pegawai dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Metode analisis data penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Pengujian sistem menggunakan pengujian ISO 25010 pada aspek functionality dengan nilai atau dengan kategori sangat baik. Pengujian reliability dengan nilai 100% atau kategori sangat tinggi. Pengujian portability dengan nilai 1 atau dengan kategori sangat baik; Pengujian usability dilakukan pada 30 orang responden dinyatakan baik dengan persentase 85%. Hasil penelitian pengembangan sistem informasi tersebut adalah sistem informasi perpustakaan berbasis web. Kata Kunci: Sistem Informasi, Perpustakaan, Web, ISO 25010.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:55
Last Modified: 14 Apr 2021 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item