PEMBELAJARAN CETAK GRAFIS TEKNIK AQUA PRINT PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 6 JENEPONTO

NUR AM, FAJAR (2019) PEMBELAJARAN CETAK GRAFIS TEKNIK AQUA PRINT PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 6 JENEPONTO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
jurnal Fajar Nur Am. 1581042004 Jurnal.word.pdf

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran cetak grafis teknik Aqua Print pada mata pelajaran seni budaya peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran cetak grafis teknik Aqua Print pada mata pelajaran seni budaya peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Jeneponto yang dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019 sampai dengan tanggal 31 Mei 2019 dengan menggunakan teknik penelitian Survei dengan taraf deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu penentuan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran cetak grafis teknik Aqua Print pada mata pelajaran seni budaya peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Jeneponto Kabupaten Jeneponto telah sesuai dengan Rencana Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Baik itu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan guru selalu mempersiapkan mental peserta didik secara konsisten untuk menerima materi yang akan diajarkan. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru menjelaskan pengantar kegiatan secara garis besar tentang materi yang akan diajarkan. Penyajian materi pembelajaran juga sangat baik karena didukung oleh kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Seperti pada metode ceramah, guru menjelaskan materi pembelajaran cetak grafis teknik Aqua Print dan dilanjutkan dengan metode tanya jawab, pada motode ini guru lebih mengutamakan aktivitas peserta didik, sehingga dalam prosesnya guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, sedangkan pada kegiatan penutup atau kegiatan akhir pembelajaran pada setiap pertemuan, guru senantiasa memberikan upaya penguatan materi kepada peserta didik baik dalam hal memahami maupun mengingat materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kata kunci: seni grafis teknik Aqua Print, survei, deksriptif kualitatif, total sampling.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:24
Last Modified: 13 Apr 2021 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item