KEBERADAAN ALAT MUSIK MANDOLING SEBAGAI PENGIRING ACARA MAPPACCI PADA UPACARA PERKAWINAN DI DESA BULO-BULO KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU

BAHARUDDIN, BAHARUDDIN (2019) KEBERADAAN ALAT MUSIK MANDOLING SEBAGAI PENGIRING ACARA MAPPACCI PADA UPACARA PERKAWINAN DI DESA BULO-BULO KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL BAHARUDDIN 1282041042.pdf

Download (616kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan alat musik Mandoling sebagai pengiring acara Mappacci di Desa Bulo-Bulo Kecamatan Puajananting Kabupaten Barru. Data dikumpulankan dengan metode, studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang keberadaan alat musik Mandoling di kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, dapat dilihat dari beberapa perkembangan yang sempat terjadi mulai dari awal masuknya alat musik Mandoling, perkembangan sebelum pemerintahan pak Rahman S.Pd dan perkembangan setelah pemrintahan pak Rahman S.Pd, dimana pada era ini perkembangan Mandoling cukup drastis. (2) Keberadaan alat musik Mandoling dalam acara Mappacci pada upacara perkawinan di Desa Bulo-Bulo Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, dilihat dari waktu dan tempat pertunjukan alat musik Mandoling, dimana waktu pertunjukan musik alat musik Mandoling baru akan dilaksanakan setelah acara Tudang-Tudang, tempat berlansungnya pertunjukan Mandoling sendiri dilaksanan di ruang tamu, dan jumlah pemain musik Mandoling terdiri dari lima orang, yakni satu orang pemain Mandoling, satu orang pemain Gendong-Gendong, satu orang pemain Gendang dan satu pemain Gambusu serta atu orang lagi pemain Rinci. Proses dan tata cara Mappacci sendiri dilaksanakan tidak sembarangan karena harus mengikuti tata cara yang sudah ditentukan oleh kelurga calon mepelai pengantin. Jumlah taburan pada saat melakukan pembukaan Mappacci sebanyak 3 kali yang dilakukan oleh ibu kandung calon pengantin laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:24
Last Modified: 13 Apr 2021 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item