MENINGKATKAN APRESIASI TERHADAP TARI DAERAH SETEMPAT MELALUI PENAYANGAN TARI SALONRENG ARA DALAM PEMBELAJRAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 4 BULUKUMBA

WAHAB, NURSABILAH (2020) MENINGKATKAN APRESIASI TERHADAP TARI DAERAH SETEMPAT MELALUI PENAYANGAN TARI SALONRENG ARA DALAM PEMBELAJRAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 4 BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NURSABILAH WAHAB (1682042013) PENDIDIKAN SENDRATASIK.pdf

Download (565kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan peningkatan apresiasi. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pelaksanaan sebanyak 2 siklus. Siklus I menyampaaikan tari salonreng melalui peningkatan apresiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang lengkap tentang: 1) Bagaimana proses pembelajaran tari salonreng yang dapat meningkatkan apresiasi siswa di MTSN 4 Bulukumba. 2) Bagaimana peningkatan apresiasi siswa terhadap seni tari setelah mengikuti pembelajaran tari Salonreng di laksanakan pada siswa di MTSN 4 Bulukumba. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentari, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses tindakan pada siklus I dan II sama-sama memiliki tahapan yang menuju kearah meningkat, hal ini dikatakan baik dan mengalami peningkatan untuk pelajaran seni budaya dikarenakan siswa telah mampu memberikan respon positi. Peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus II. Dengan menggunakan metode pembelajran demonstrasi, sebelum berdiskusi secara kelompok, peserta didik berupaya berpikir terlebih dahulu tentang materi yang baru saja diberikan oleh guru, kemudian didiskusikan dengan kelompoknya sehingga peserta didik telah mempunyai bahan untuk dibawa dalam diskusi kelompok. Dengan demikian peserta didik akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar. 2) hasil peningkatan apreisasi siswa terhadap tari daerah setempat melalui penayangan tari salonreng ara pada siswa kelas VIII DI MTSN 4 Bulukumba mengalami peningkatan dimana pada siklus I dari 10 siswa hanya 440% orang siswa yang mampumemenuhu nilai standar kelulusan dan pada siklus II semua siswa dengan jumlah 10 orang mampu memenuhi nilai standar kelulusan 100%. Rata-rata nilai kelas pada pratindakan pada Siklus I 57% kemudian mengalami peningkatan pada Siklus II sebanyak 85%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item View Item