MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI KREASI EMPAT ETNIS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI PADA SISWI KELAS VIII SMPN 1 MAPPAKASUNGGU TAKALAR

AFDALIA, SUCI NURDIN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI KREASI EMPAT ETNIS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI PADA SISWI KELAS VIII SMPN 1 MAPPAKASUNGGU TAKALAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SUCI AFDALIA-dikonversi.pdf

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua), pertama (1) proses kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan menari siswi yang kedua (2) peningkatan kemamouan siswi setelah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tari. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama (1) mengedintifikasi proses kegiatan ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan kemampuan menari dan yang kedua (2) mengedintifikasi bagaimana peningkatan kemampuan menari Tari Kreasi Empat Etnis setelah mengikuti Kegitan Ekstrakulikuler. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitiannya berbentuk siklus. Terdapat dua siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes unjuk kerja (siklus I dan siklus II). Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa indikator penilaian untuk mengetahui peningkatan nilai siswi setelah diberikan tindakan. Adapun hasil penelitian ini (1) Proses kegiatan ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan kemampuan menari tari kreasi empat etnis pada siswi kelas VIII Smp Negeri 1 Mappakasunggu Takalar yakni dengan metode demonstrasi yang dilakukan dengan dua cara yakni pada siklus I peneliti sebagai pusat dan pada siklus II siswi sebagai pusat. Hasil penelitian kedua (2) dari hasil pengamatan peneliti pada siswi mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan tiap siklusnya mulai dari nilai awal yaitu 31% pada siklus 1 dan 54% pada siklus 2 yaitu 80%. Perbandingan nilai rata-rata hasil antara nilai awal dan nilai siklus 1 yaitu 23% dan perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 yaitu 26%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item View Item