DRAMATIKREADINGSANGSAKAKARYARUDOLFPUSPATERHADAPSIKAP NASIONALISMESISWAKELASIXSMPSWASTASEMENTONASAIPANGKEP

Mukminin, Rahmatullah (2020) DRAMATIKREADINGSANGSAKAKARYARUDOLFPUSPATERHADAPSIKAP NASIONALISMESISWAKELASIXSMPSWASTASEMENTONASAIPANGKEP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL(1).pdf

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dramatik reading naskah sang saka karya Rudolf Puspa terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu observasi dan wawancara. Data hasil penelitian ini berupa data deskriptif yang tidak dihitung menggunakan rumus-rumus statistik. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif ini, peneliti akan menggambarkan dan menganalisis setiap individu dalam kehidupan dan pemikirannya. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep, secara umum ada peningkatan sikap nasionalisme yang dimiliki oleh siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep setelah melakukan dramatik reading naskah Sang Saka karya Rudolf Puspa, maka dapat disimpulkan bahwa dramatik reading naskah sang saka karya Rudolf Puspa dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap selama penelitian berlangsung. Siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep menjadi lebih disiplin. Siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep menjadi lebih menghargai sesama. Siswa kelas IX SMP Swasta Semen Tonasa 1 Pangkep memiliki penambahan wawasan tentang sejarah bangsa Indonesia dari naskah Sang Saka karya Rudolf Puspa. Kata Kunci Dramatik Reading, Naskah Sang Saka, dan Nasionalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:22
Last Modified: 13 Apr 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item