PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SINJAI TENGAH

Ma’ruf, Amar (2020) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SINJAI TENGAH. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL AMAR.pdf

Download (198kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mendeskripsikan proses penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah. (2). Mendeskripsikan peningkatan kemampuan bernyanyi dengan metode drill dalam kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data�data berupa lisan maupun tulisan dari hasil pengamatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah. Sumber data diperoleh dari sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dan sumber data sekunder yaitu diperoleh dari dokumentasi atau studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi yaitu dengan pengamatan langsung ke lokasi penelitian, wawancara yaitu dengan melakukan komunikasi langsung dengan para narasumber, dan dokumentasi yang diambil melalui ponsel di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara melihat perubahan dari siklus 1 ke siklus berikutnya yaitu sebelum diterapkannya metode drill dan setelah diterapkannya metode drill. Dari pembahasan dan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode drill pada proses peningkatan kemampuan bernyanyi siswa pada kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah, dapat meningkatkan kemampuan teknik vokal siswa dalam bernyanyi. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi akhir pelaksanaan siklus pertama dan kedua. Kesimpulan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai anak, yaitu penilaian pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata. Pada siklus I nilai rata- rata sebesar 86 yang berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I. Pada siklus II hampir semua siswa sudah memenuhi standar kriteria keberhasilan tindakan yakni BAIK (86-90), hanya ada 2 orang siswa yang mendapatkan nilai cukup. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II sebesar 89 yang berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Dengan memperhatikan rata-rata yang dicapai siswa dari pra siklus sampai dengan pelaksanaan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dalam pembelajaran paduan suara siswa kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah dapat meningkatkan teknik vokal siswa dalam bernyanyi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:22
Last Modified: 13 Apr 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item View Item