Analisis Pola Konsumsi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Risnawati, Risnawati and Tahir, Thamrin and Hasan, Muhammad and Dinar, Muhammad and RAHMATULLAH, RAHMATULLAH (2021) Analisis Pola Konsumsi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. In: Seminar Nasional "Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid 19: Peluang dan Tantangan", 16 Februari 2021, Bandar Lampung, Indonesia.

[img] Text
Risnawati.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pola konsumsi merupakan bentuk atau struktur dalam menggunakan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya konsumsi mahasiswa bidikmisi dan pola konsumsi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar selama satu semester. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya konsumsi mahasiswa bidikmisi dalam satu semester terbesar yaitu pada biaya makanan dan minuman dengan biaya sebesar Rp3.600.000 dengan persentase sebesar 33,5% sedangkan biaya terkecil yaitu biaya komunikasi dengan biaya sebesar Rp620.000 dengan persentase sebesar 6,1%. Pola konsumsi mahasiswa bidikmisi terbagi menjadi dua yaitu (1) konsumsi makanan yang terdiri dari makanan dan minuman; (2) konsumsi non makanan yang terdiri dari konsumsi pendidikan, entertainment, komunikasi, dan transportasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:22
Last Modified: 13 Apr 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item