PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MATRIKS KELAS XI SMK

Nurlina, Nurlina (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MATRIKS KELAS XI SMK. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Nurlina.pdf

Download (647kB)

Abstract

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MATRIKS KELAS XI SMK Nurlina Pendidikan Matematika, PPs UNM Email: lina.math00@gmail.com Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang bertujuan menghasilkan e-modul berbasis problem based learning pada pelajaran matematika materi matriks untuk siswa kelas XI SMK yang valid, praktis dan efektif. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Busana Butik SMK Negeri 1 Majene. Proses pengembangan dalam penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analisys, Design, development, implementation, dan evaluation. Instrument yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah format validasi, lembar observasi aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil analisis dari penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) validasi oleh 2 ahli materi diperoleh skor rata-rata kevalidan 3,36 dengan kriteria “valid”. Validasi oleh 2 ahli media diperoleh skor rata-rata kevalidan 3,31 dengan kriteria “Valid”. Karena kedua aspek tersebut telah memenuhi kriteria “valid”, maka e-modul berbasis model pembelajaran PBL dinyatakan layak untuk diujicobakan. 2) hasil analisis angket respons guru diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 3,7 dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan hasil analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase pelaksanaan pembelajaran 94,6% dengan kriteria “sangat baik”. Karena kedua aspek kepraktisan tersebut memenuhi kriteria “sangat baik” maka e-modul berbasis model pembelajaran PBL dinyatakan “praktis”. 3) hasil analisis angket respons siswa terhadap e-modul berbasis model pembelajaran PBL diperoleh skor rata-rata 3,46 dengan kriteria “sangat efektif”. Hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 86% dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan hasil analisis tes hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 71,78 dan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Karena ketiga aspek tersebut telah terpenuhi, maka e-modul model pembelajaran problem based learning dinyatakan “efektif”. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan berkualitas karena memenuhi kriteria “valid”, “praktis” dan “efektif”. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Problem Based Learning dan Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:41
Last Modified: 06 Apr 2021 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item