SANGGAR SENI SEKOLAH AL-MA’ARIF SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN TARI SISWA DI MTS. MA’ARIF LASEPANG KABUPATEN BANTAENG

Raihana, Zulfa (2020) SANGGAR SENI SEKOLAH AL-MA’ARIF SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN TARI SISWA DI MTS. MA’ARIF LASEPANG KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ZULFA.pdf

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan bagaimana penjaringan peserta sanggar Al-Ma’arif di MTs. Ma’arif Lasepang Kabupaten Bantaeng, (2) Mendeskripsikan bagaimana langkah mengembangkan kemampuan menari peserta sanggar Al�Ma’arif di MTs. Ma’arif Lasepang Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian adalah studi kasus pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sanggar seni Al-Ma’arif dalam proses penjaringan peserta sanggar terlebih dahulu mengadakan rapat persiapan pelaksanaan perekrutan, selanjutnya tahap sosialisasi yang ditujukan kepada seluruh siwa kelas VII dan VIII dan tahap terakhir ialah sesi wawancara. (2) Langkah dalam mengembangkan kemampuan menari di sanggar seni Al-Ma’arif melalui penayangan video pertunjukan tarian dan proses pelatihan yaitu olah tubuh dan pengajaran beberapa materi tari diantaranya tari padduppa, tari pattennung, tari mappaccing, tari pagellu, tari seribu tangan dan lainnya. Melalui proses pemberian beberapa materi tari dan pengalaman dalam mengikuti kegiatan lomba maupun acara sekolah membantu siswa mengembangkan kemampuannya dalam bidang tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item