PEMBELAJARAN KARYA TIGA DIMENSI DENGAN MEDIA CLAY BAGI KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 SOPPENG

HARMAY, HIKMAH (2019) PEMBELAJARAN KARYA TIGA DIMENSI DENGAN MEDIA CLAY BAGI KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 SOPPENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL HIKMAH HARMAY 1581042013.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah perencanaan pembelajaran berkarya tiga dimensi dengan media clay bagi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Soppeng, bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran berkarya tiga demensi dengan media clay bagi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Soppeng, dan bagaimanakah hasil penilaian guru dalam berkarya tiga demensi dengan media clay bagi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berkarya tiga dimensi dengan media clay, pelaksanaan pembelajaran berkarya tiga dimensi dengan media clay, dan hasil penilaian guru dalam berkarya tiga demensi dengan media clay dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (survey). Sumber data guru dan siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas XII MIA 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran berkarya tiga dimensi dengan media clay bagi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Soppeng Guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran (RPP). Perencanaan yang telah dibuat oleh Guru sudah sesuai dengan apa yang telah di ajarkan oleh Guru bidang studi seni budaya. Selanjutnya proses penyajian materi yang disampaikan sudah disesuaikan dengan perencanaan pembelajaran yang terdapat pada RPP, beberapa kegiatan inti dalam pembelajaran berlangsung telah diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Soppeng dilakukan secara langsung dengan menggunakan teknik evaluasi test yang mengukur tingkat kemampuan dan keterampilan siswa berdasarkan hasil keterampilan siswa dinilai dari beberapa aspek mulai dari kesiapan alat dan bahan, pemilihan objek, teknik, kreativitas, Estetika dan kesan akhir. Dan hasil karya tiga dimensi dengan media clay berdasarkan hasil karya siswa kelas XII MIA 1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19807

Actions (login required)

View Item View Item