PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI KRIYA TEKNIK UKIR UNTUK SISWA KELAS XI SMKN 3 GOWA

Ruslan, Ruslan (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI KRIYA TEKNIK UKIR UNTUK SISWA KELAS XI SMKN 3 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
RUSLAN_JURNAL.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Seni Kriya Teknik Ukir untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Gowa. Penelitian merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Objek dalam penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Seni Kriya Teknik Ukir untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Gowa. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara , dan dokumentasi. Teknik analisis datanya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya atau apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) dalam kurikulum KTSP, ruang lingkup materi seni budaya (seni rupa) pada semester genap meliputi pembelajaran apresiasi dan ekspresi, yaitu pada standar kompetensi 1 mengapresiasi karya seni rupa dan standar kompetensi 2 mengapresiasi karya seni rupa dan standar kompetensi tersebut terdapat enam kompetensi dasar untuk dikembangkan dalam penyusunan rencana pelaksanaa pembelajaran. Dalam pembelajaran tersebut terdapat materi pembelajaran seni rupa yang dinilai relative sulit serta tidak didukung oleh saran adan prasarana pembelajaran yang terdapat pada kompetensi dasar, keenam yaitu menata karya seni rupa buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah, sehingga tidak mungkin dapat terlaksana sesuai dengan kurikulum tersebut, 2) pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) setiap kompetensi dasar yang disusun oleh guru terdapat diantaranya: (1) beberapa rumusan terdapat kekeliruan pada tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, misalnya saja pada kompetensi dasar membuat karya seni kriya topeng yang dicantumkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah mendeskripsikan konsep keramik. Kekeliruan tersebut jelas sangat mempengaruhi dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) pada sumber belajar dan penilaian yang terkadang tidak jelas dan tidak rinci.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item