Kontribusi Tambang Pasir Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Pekerja Tambang di Desa Samaenre Kecamatan Bengo Kabupaten Bone). (Dibimbing oleh Ramli Umar dan Sulaiman Zhiddiq).

Bahriani, Bahriani (2015) Kontribusi Tambang Pasir Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Pekerja Tambang di Desa Samaenre Kecamatan Bengo Kabupaten Bone). (Dibimbing oleh Ramli Umar dan Sulaiman Zhiddiq). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAHRIANI.docx

Download (11kB)

ABSTRAK BAHRIANI.2015. Kontribusi Tambang Pasir Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Pekerja Tambang di Desa Samaenre Kecamatan Bengo Kabupaten Bone).(Dibimbing oleh Ramli Umar dan Sulaiman Zhiddiq).Penelitian ini bertujuan i) menggambarkan aktivitas penambangan pasir di Desa Samaenre, ii) menganalisa kehidupan sosial ekonomi masyarakat, dan iii) menganalisa kontribusi penambangan pasir terhadap tingkat pendapatan dan tingkat kesejahteraan keluarga. Populasinya adalah seluruh pekerja tambang pasir dengan jumlah 45 pekerja. Penelitian jenis survey yang mengfokuskan pada aspek pendidikan, pendapatan, kesehatan dan kondisi rumah untuk mengukur tingkat kesejahteraan keluarga penambang pasir dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan i) Penambangan pasir yang terdapat di Desa Samaenre memiliki 4 lokasi tambang pasir, tiap lokasi mempunyai luas sekitar 2 Ha. Kegiatan menambang mulai dari proses pengerukan bahan pada sungai oleh alat berat seperti eskapator yang dijalankan oleh seorang operator, kemudian pemisahan bahan sebelum pengangkutan dan selanjutnya diangkut menggunakan truk kemudian didistribusikan kepada konsumen, ii) 51% pekerja tambang berpendapatan Rp. 2.300.001 hingga Rp. 2.800.000, 38 % pendidikan mayoritas tamatan Sekolah Dasar, dengan kesadaran akan kesehatan dan berobat pada fasilitas kesehatan yang layak, dan kondisi rumah dengan status milik sendiri, iii) Sebanyak 70,62 % penambangan pasir di Desa Samanre berkontribusi sangat besar terhadap tingkat pendapatan dan tingkat kesejahteraan keluarga pekerja tambang, hal ini dapat dilihat dari kebutuhan hidup keluarga yang bisa dipenuhi. Kebutuhan yang dimaksud adalah selain sandang, papan, dan pangan juga kebutuhan terhadap pendidikan anak dan kesehatan keluarga. Kata kunci: tambang, kontribusi tambang dan sosial ekonomi keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Geografi
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:59
Last Modified: 25 Apr 2016 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item