PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 EREMERASA KABUPATEN BANTAENG

Nurul, Sitti Haerati Ansar (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 EREMERASA KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL nurul.pdf

Download (526kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang 1) Penerapan Metode Demonstrasi yang dapat Berkonstribusi terhadap peningkatan Keterampilan menari Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Eremmerasa Kabupaten Bantaeng. 2) Peningkatan Keterampilan Menari Siswa setelah Penerapan Metode Demonstrasi pada Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Eremmerasa Kabupaten Bantaeng. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes unjuk kerja, dan studi pustaka. Data-data dikumpul dianalisis dengan menggunakan anasisis data kuantitatif (menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel) dan analisis data kualitatif (situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan langsung di lapangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan rekapitulasi dari hasil penilaian, keterampilan menari siswa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada siklus I, siklus II mengalami peningkatan. Hasil penilaian keterampilan menari siswa dalam pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,8. Dengan rincian sebanyak 13 orang siswa atau 46% mencapai nilai sangat baik,enam orang siswa atau 22% mencapai nilai baik, tidak ada satupum siswa yang mencapai nilai dengan kategori cukup, sembilan orang siswa atau 320% nilai dengan kategori kurang. Hasil penilaian keterampilan menari siswa pada siklus II mencapai nilai rata-rata 92,3. Dengan rincian sebanyak 21 orang siswa atau 75% mencapai nilai dengan kategori sangat baik.tujuh orang siswa atau 25% mencapai nilai dengan kategori baik sedangkan kategori cukup dan kurang tidak ada siswa yang mencapai nilai tersebut. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam meningkatkan keterampilan menari pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 90%yakni siswa sudah mencapai nilai dengan kategori baik dan sangat baik. 2) Berdasarkan rekapitulasi dari hasil penilaian, keterampilan menari siswa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada siklus I, siklus II mengalami peningkatan. Hasil penilaian keterampilan menari siswa dalam pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,8. Dengan rincian sebanyak 13 orang siswa atau 46% mencapai nilai sangat baik,enam orang siswa atau 22% mencapai nilai baik, tidak ada satupum siswa yang mencapai nilai dengan kategori cukup, sembilan orang siswa atau 320% nilai dengan kategori kurang. Hasil penilaian keterampilan menari siswa pada siklus II mencapai nilai rata-rata 92,3. Dengan rincian sebanyak 21 orang siswa atau 75% mencapai nilai dengan kategori sangat baik.tujuh orang JURNAL PENDIDIKAN SENDRATASIK 2 siswa atau 25% mencapai nilai dengan kategori baik sedangkan kategori cukup dan kurang tidak ada siswa yang mencapai nilai tersebut. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam meningkatkan keterampilan menari pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 90%yakni siswa sudah mencapai nilai dengan kategori baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19799

Actions (login required)

View Item View Item