PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 1 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

DAYU SAFITRI, AYU (2021) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 1 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Skripsi pdf.pdf

Download (621kB)

Abstract

ABSTRAK Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Model Think Pair Share dalam pembelajaran seni tari kelas VIII E di SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep dan bagimana peningkatan pembelajaran seni tari setelah menerapkan Model Think Pair Share pada siswa kelas VIII E SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode kuantitatif yaitu mengukur tingkat kemampuan dan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu wiraga, wirama dan wirasa. Pada penelitian ini dilakukan dengan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai dengan siswa menunjukan hasil kemampuannya dengan kelompok masing-masing, namun pada siklus I siswa belum percaya diri dalam mengemukakan kemampuannya, sehingga pada siklus I perlu adanya perbaikan pada tahap siklus II. Pada siklus II dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan agar kemampuan siswa meningkat. Siswa yang mengikuti pembelajaran di SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep mampu menerima pelajaran dengan baik namun adanya kurang percaya diri terhadap siswa untuk tampil menari tari Paduppa dan pada tahap siklus II kemampuan siswa mulai meningkat. Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 68% dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumlah perolehan nilai rata-rata sebanyak 95,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item View Item