MAHASISWA BERCADAR DAN GERAKAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG PERSPEKTIF DAN PARTISIPASI MAHASISWA BERCADAR TERHADAP GERAKAN SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Arisnawawi, Arisnawawi (2021) MAHASISWA BERCADAR DAN GERAKAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG PERSPEKTIF DAN PARTISIPASI MAHASISWA BERCADAR TERHADAP GERAKAN SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_ARISNAWAWI_MAHASISWA BERCADAR DAN GERAKAN SOSIAL.pdf

Download (605kB)

Abstract

Mahasiswa bercadar menjadi salah satu representasi dari ajaran agama Islam. Agama ini memiliki beberapa perintah atau anjuran. Diantaranya membantu orang yang tertindas atau terzalimi. Anjuran agama in,i memiliki korelasi substansial dengan tujuan gerakan sosial aksi demonstrasi mahasiswa UNM. Yaitu untuk membantu rakyat yang tertindas atau terzalimi. Melihat keserasian antara anjuran agama dan tujuan gerakan sosial demontrasi, namun pada kenyataannya jarang atau bahkan tidak pernah terlihat mahasiswa bercadar UNM hadir dalam rentetan gerakan sosial aksi demonstrasi UNM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif mahasiswa bercadar UNM terhadap gerakan sosial aksi demonstrasi mahasiswa UNM serta bagaimana partisipasi mahasiswa bercadar UNM dalam gerakan sosial secara umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi dan Informan penelitian berada di Universitas Negeri Makassar yang tersebar dalam berbagai fakultas. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling yang melibatkan 20 individu sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perspektif mahasiswa bercadar UNM terhadap gerakan sosial aksi demonstrasi di UNM terdiri dari perspektif positif dan perspektif negatif. Bentuk partisipasi mahasiswa bercadar UNM dalam melakukan gerakan sosial dibagi menjadi dua bentuk. Yakni partisipasi dalam bentuk berwujud fisik atau nyata dan partisipasi dalam bentuk tidak berwujud fisik atau tidak nyata. Kata kunci: mahasiswa bercadar dan gerakan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 31 Mar 2021 05:44
Last Modified: 31 Mar 2021 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19785

Actions (login required)

View Item View Item