Nilai Karakter Cerita Rakyat Makassar dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Sastra

Arif, Sri Rejeki (2021) Nilai Karakter Cerita Rakyat Makassar dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Sastra. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SRI.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis cerita rakyat masyarakat Makassar, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita, dan mengetahui relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Data penelitian ini adalah cerita rakyat yang diperoleh dari dokumentasi tertulis dan hasil merekam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang terkandung didalam cerita rakyat Makassar sangatlah baik untuk membentuk karakter manusia sejak dini. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Makassar dapat memberikan sumbangsih pada dunia saat ini dikarenakan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat Makassar merupakan nilai pendidikan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat cocok untuk ditanamkan pada diri. dalam cerita rakyat Makassar khususnya pada dongeng dan legenda nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng dan legenda Makassar yaitu, nilai keberanian, sikap saling membutuhkan, sikap disiplin diri, penghormatan kepada diri sendiri, sikap adil, peduli sesama, saling melindungi, dan sikap hormat kepada orang lain, sikap bermusyawarah, dan sikap gotong royong. Penelitian analisis konten inferensial Konteks sosial yang dipaparkan dalam bagian ini adalah konteks sosial yang disandarkan pada nilai-nilai luhur yang ingin disampaikan melalui cerita-cerita yang termuat dalam cerita Rakyat Makassar Kata kunci: cerita rakyat, nilai pendidikan karakter, relevansi, materi ajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:25
Last Modified: 30 Mar 2021 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19773

Actions (login required)

View Item View Item