PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Meisari, Dwi Pratiwi (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
3. ARTIKEL DWI PRATIWI MEISARI.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model quantum teaching tipe TANDUR. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurangnya inovasi model pembelajaran dalam kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 359 Sogi Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo; (2) Bagaimanakah gambaran penggunaan model quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 359 Sogi Kecamatan, dan (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 359 Sogi Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan model quantum teaching tipe TANDUR dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 359 Sogi. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 19 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 359 Sogi Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil st-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching tipe TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:24
Last Modified: 30 Mar 2021 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19761

Actions (login required)

View Item View Item