PENGGUNAAN GRAMATIKA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2010) PENGGUNAAN GRAMATIKA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. 000131711.

[img] Text
Sertifikat HKI dan Produknya - Penggunaan Gramatika dalam Intaraksi Pembelajaran Bahasa Indonesia.pdf

Download (817kB)
[img] Text
peer reviewer HAKI Penggunaan gramatika.pdf

Download (503kB)

Abstract

PENGGUNAAN GRAMATIKA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Kajian terhadap aspek gramatika berisi tiga rincian fitur yang dimilikinya. Pertama, kajian nilai eksperensial, meliputi kajian terhadap pilihan (1) kalimat negatif, (2) kalimat positif, (3) kalimat pasif, dan (4) kalimat hubungan pertentangan. Kedua, kajian nilai relasional meliputi kajian terhadap pilihan (1) kalimat deklaratif, (2) kalimat interogatif, (3) kalimat imperatif, (4) modalitas relasional, dan (5) penggunaan pronomina persona. Kajian terhadap modalitas relasional berisi penafsiran terhadap berbagai modalitas yang berkenaan otoritas guru dalam hubungannya dengan siswa sebagai partisipan. Kajian terhadap pronomina persona berkaitan dengan strategi guru dalam menghadirkan diri di hadapan siswa dan menempatkan siswa pada posisi tertentu sebagai mitra tutur. Ketiga, kajian nilai ekspresif meliputi kajian terhadap pilihan modalitas yang berkenaan dengan otoritas penutur dalam kaitannya dengan kebenaran refresentasi realitas.

Item Type: Patent
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:25
Last Modified: 30 Jul 2021 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item View Item